Cara Memilih Elektronik Hemat Energi | Tips Sebelum Membeli Peralatan Rumah Tangga

Cara Memilih Elektronik Hemat Energi | Tips Sebelum Membeli Peralatan Rumah Tangga. FRUSTRASI melihat tagihan listrik yang membengkak? Peralatan rumah tangga hemat energi bisa menjadi jawaban atas persoalan Anda.
Berikut ini adalah sejumlah panduan untuk mencari peralatan rumah tangga 'hijau':

Logo
Cara termudah untuk menemukan peralatan rumah tangga hemat energi adalah dengan mencari logo Energy Star. Logo ini menunjukkan bahwa model tersebut jauh melebihi persyaratan minimun untuk efisiensi energi.

Panduan energi
Setelah menemukan model yang Anda cari, bandingkan panduan energi (berupa stiker yang menunjukkan efisiensi energi suatu produk) produk yang satu dengan produk yang lain.

Pedoman dasar
Ada baiknya jika Anda mengetahui sejumlah pedoman dasar seperti: mesin cuci dengan pintu di bagian depan (front-loading) biasanya lebih efisien dibandingkan mesin cuci dengan pintu di atas (top-loading); lemari es dengan freezer di samping (side-by-side) lebih baik daripada lemari es dengan freezer di atas (freezer-on-top), dan freezer dengan manual-defrost hanya memakan energi separuh dari self-defosters.

Jika lemari es Anda telah berusia lebih dari 10 tahun, pertimbangkan untuk membeli lemari es baru. Sebab, lemari es modern biasanya dua kali lebih hemat energi dibandingkan model lama. Lewatkan saja teknologi energy-draining water serta ice dispensers.

Oven ganda
Jika Anda rajin memasak di rumah, pertimbangkan membeli oven dengan unit kedua yang lebih kecil di bagian atasnya. Model ini akan menghemat lebih banyak energi daripada oven terpisah.

Media Indonesia

Cara Memilih Elektronik Hemat Energi, Tips Sebelum Membeli Peralatan Rumah Tangga, Logo Energy Star


Category Article

What's on Your Mind...