6 Tips Terhindar dari Kuman di Toilet Umum | Tips Menggunakan Toilet Umum


6 Tips Terhindar dari Kuman di Toilet Umum | Tips Menggunakan Toilet Umum. Toilet umum adalah tempat yang kadang tidak menyenangkan untuk dikunjungi karena khawatir tertular kuman. Ketahui cara aman menggunakan dan menghindari kuman di toilet umum, seperti yang dikutip dari health.
1. Pilih Toilet yang Bersih
Banyaknya orang yang menggunakan toilet umum, menjadi penyebab kondisi toilet menjadi sangat kotor. Sebaiknya hindari toilet yang kotor dan pilih toilet yang paling dekat dengan pintu keluar kamar mandi. Para ahli menemukan bahwa toilet pertama atau toilet yang berada paling dekat dengan pintu masuk kamar mandi adalah toilet yang memiliki tingkat bakteri paling rendah. Hal ini karena orang cenderung memilih toilet yang paling ujung untuk privasi mereka. Mulai sekarang, pilihlah toilet yang dekat dengan pintu masuk karena cenderung lebih bersih dan tidak banyak mikroorganismenya.

2. Gunakan Kertas Alas Toilet
Walau agak merepotkan, kertas alas toilet bisa bantu Anda menghindari kuman yang ditinggalkan oleh pengguna toilet sebelum Anda. Kertas alas toilet ini sudah banyak dijual di pasaran, namun jika sulit menemukannya, Anda bisa memakai tisu toilet sebagai penggantinya.

3. Selalu Periksa Tisu Toilet
Sebelum memakai toilet, pastikan terlebih dulu bahwa stok tisu di dalam toilet masih ada. Selain untuk membersihkan tubuh, tisu juga bisa untuk membersihkan dudukan toilet sebelum menggunakannya.

4. Hindari Menaruh Tas di Lantai
Jangan meletakkan tas atau dompet di lantai kamar mandi, meskipun kelihatannya bersih. Jika terdapat gantungan, sebaiknya letakkan tas di sana atau sampirkan tas di bahu jika memang tidak ada tempat untuk menaruhnya. Selain itu, Anda juga harus menarik celana atau rok hingga mencapai betis untuk menghindari terkena semprotan air, tapi jangan terlalu rendah karena berisiko menyentuh lantai kamar mandi. Ini untuk menghindari terbawanya kuman dan bakteri yang ada di lantai toilet.

5. Jangan Lupa untuk Flush Toilet
Entah karena terburu-buru atau lupa, tak sedikit orang yang meninggalkan toilet tanpa menyiram (flush). Tentu saja hal tersebut merugikan orang lain yang akan menggunakan toilet setelahnya. Oleh sebab itu, jangan pernah lupa untuk membilas toilet ketika akan keluar dari kamar mandi agar mikroorganisme dari air toilet tidak menempel di tubuh dan membuat orang lain jijik.

6. Mencuci Tangan
Cara terbaik untuk melawan bakteri dan kuman adalah dengan benar-benar mencuci tangan. Pastikan Anda mencucinya dengan sabun dan air hangat jika tersedia. Gosok kedua sisi telapak tangan dan sela-sela jari selama 30 detik. Lakukan sebanyak dua kali agar hasil yang didapat lebih maksimal.


wolipop.com

6 Tips Terhindar dari Kuman di Toilet Umum, Tips Menggunakan Toilet Umum, Memilih Toilet Dekat Pintu Masuk


Category Article

What's on Your Mind...