Urung Dimakamkan, Jasad Qadhafi Dipamerkan di Mall | PBB Investigasi Kematian Qadhafi

FOTO: JASAD KHADAFI JADI TONTONAN WARGA LIBYAUrung Dimakamkan, Jasad Qadhafi Dipamerkan di Mall | PBB Investigasi Kematian Qadhafi. Nasib mantan pemimpin Libya, Moammar Qadhafi berakhir tragis. Tewas karena luka, bahkan ada dugaan ditembak dalam proses penghakiman. Jasadnya pun tak segera dimakamkan, tapi malah dipamerkan di tengah kota Misrata, Sabtu 22 Oktober 2011.
Jasad Qadhafi diletakkan di atas kasur, dalam lemari pendingin sebuah toko daging tua di Pusat Perbelanjaan kota Misrata. Jasad itu jadi tontonan warga Libya yang mampir ke pusat perbelanjaan.

Wartawan dari Associated Press yang menyaksikan jasad Qadhafi melaporkan, warga mengantre ingin melihat jasad itu. Para pengunjung mengambil foto atau video jasad pemimpin mereka.

Satu rekaman video menunjukkan warga Libya berpose dengan jasad itu. Di luar, sejumlah warga Libya berteriak "Allahu Akbar." Seorang laki-laki mengatakan jenazah Qadhafi tampak "sedikit menakutkan."

Dalam lemari es itu, jasad Qadhafi tampak masih berlumur darah. Qadhafi tampak mengenakan celana berwarna coklat, tanpa baju. Tampak juga lubang peluru di bagian kiri kepalanya, dan satu lagi di tengah dada.

Seharusnya, Qadhafi dimakamkan Jumat 21 Oktober 2011. Sebelumnya, ada rencana bekas penguasa Libya itu dimakamkan di Misrata, dengan tradisi Islam. Namun Menteri Informasi NTC Mahmoud Shammam mengatakan, saat ini para pejabat NTC tengah berdebat dalam rangka menentukan tempat pemakaman Qadhafi.

Komandan pasukan NTC dari Misrata Bashir Ali mengatakan, Qadhafi akan dimakamkan di tempat rahasia demi menghindari serangan balas dendam.

"Qadhafi sudah menyiksa banyak orang dan banyak warga Libya ingin mencari jasadnya. Kami harus memastikan, makam Qadhafi tidak akan ditemukan warga," ujar Bashir.

Pascatewas, jasad Qadhafi dibawa ke Misrata oleh lawan-lawan politiknya. Rekaman video menunjukkan, tentara Dewan Transisi Nasional (NTC) membawa tubuh Qadhafi terluka dan berlumuran darah tidak lama sebelum ia meninggal. Gambar-gambar berikutnya menunjukkan tubuhnya dengan luka tembak yang jelas pada kepala.

Banyak versi kematian Qadhafi. Ada versi yang menyebut, Qadhafi ditarik dari tempat persembunyian ketika terluka parah dalam baku tembak antara pasukan. Versi lain, Qadhafi dibawa terluka, dipukuli kemudian ditembak.

Jurubicara Komisi HAM PBB Rupert Colville yang melihat video itu memastikan kan menginvestigasi kematian Qadhafi.

tempointeraktif

Urung Dimakamkan, Jasad Qadhafi Dipamerkan di Mall, PBB Investigasi Kematian Qadhafi, Jasad Qadhafi Dipamerkan di Tengah Kota Misrata, Menteri Informasi NTC Mahmoud Shammam, Lokasi Makam Qadhafi, Komandan Pasukan NTC dari Misrata Bashir Ali, Dewan Transisi Nasional (NTC), Berbagai Versi Kematian Qadhafi, Jurubicara Komisi HAM PBB Rupert Colville


Category Article

What's on Your Mind...