Manfaat Menghirup Nafas Panjang

Aktivitas bernapas dalam-dalam sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan jika kita sedang panik atau stres. Namun tanpa kita sadari menghirup nafas dalam-dalam ternyata memiliki beberapa keuntungan tersendiri.

Manfaat Menghirup Nafas Panjang


Seperti dikutip dari Life Mojo, selain meredam stres bernapas dalam-dalam / Panjang juga memiliki manfaat lain sebagai berikut:

Melegakan stres

Kehidupan sehari-hari bisa menguras emosi kita serta meningkatkan stres. Ini juga berarti meningkatnya irama nafas dan tekanan darah yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Menghirup nafas dalam-dalam adalah cara terbaik untuk menurunkan tingkat stres dalam tubuh Anda. Karena aktivitas ini memfokuskan diri serta menenangkan pikiran. Otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh Anda agar bisa merasa lebih rileks dan tenang.

Menurunkan tekanan darah

Menurut studi pasien yang bernafas pendek-pendek sebanyak 12-14 kali setiap menitnya akan mengalami oksigen kadar rendah dalam darah yang bisa merusak otot di bagian rangka serta fungsi metabolisme.

Kondisi ini akan memicu atrofi otot dimana terjadi penurunan massa otot dan ketidakmampuan untuk melakukan kontraksi otot.

Mengurangi kegelisahan dan kecemasan

Kecemasan dapat membahayakan bagi kesehatan Anda dan bisa menyebabkan banyak penyakit serta gangguan kesehatan. Mempraktikkan menghirup nafas dalam membantu menghilangkan keresahan dalam pikiran Anda dan membuat Anda bisa memfokuskan diri. Aktivitas ini juga melepaskan dan melegakan Anda dari kegelisahan.

Memperbaiki sirkulasi darah

Bernafas dalam-dalam jika dilakukan secara rutin akan meningkatkan dan memperbaiki pasokan oksigen ke organ tubuh. Cobalah menghirup nafas dalam-dalam hingga rongga perut untuk meningkatkan suplai oksigen ke sekujur tubuh. Dengan memperoleh pasokan oksigen yang lebih baik, tubuh akan lebih terasa lebih segar dan sehat.

Membantu detoksifikasi

Bernafas dalam secara rutin membantu proses detoksifikasi alias peluruhan racun dari tubuh. Dengan bernafas dalam-dalam membantu tubuh mengeluarkan toksin dari tubuh Anda sekaligus membersihkan sistem tubuh.

Meningkatkan kondisi tubuh menjadi lebih baik

Metode pernafasan ini akan membuat tubuh melepaskan enzim endorphines yang berfungsi agar tubuh merasa nyaman sekaligus sebagai anti rasa sakit alamiah ke dalam tubuh.

Endorphines akan menenangkan otot di bagian leher, punggung dan melegakan bagian perut. Studi juga menunjukkan bernafas dalam bisa meringankan bagi penderita asma.

Membantu meningkatkan kesehatan mental dan fisik

Bernafas dalam-dalam akan meningkatkan tingkat oksigen dalam darah dan meningkatkan kondisi kesehatan dengan berbagai cara, menurunkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah dan membantu sistem pencernaan.

via inilah.com


Category Article

What's on Your Mind...