Lapan Akan Selidiki Benda Luar Angkasa yang Jatuh di Nunukan | Meteor Jatuh di Nunukan

LUBANG BEKAS JATUHNYA BENDA RUANG ANGKASA Lapan Akan Selidiki Benda Luar Angkasa yang Jatuh di Nunukan | Meteor Jatuh di Nunukan. Masyarakat di Nunukan, Kalimantan Timur, gempar dengan jatuhnya benda luar angkasa di bibir pantai. Benda luar angkasa itu belum ditemukan, namun di sana terdapat lubang cukup besar seperti bekas tumbukan. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) pun siap menyelidiki kejadian aneh ini.
"Kami akan segera kirimkan tim untuk menyelidiki ke Nunukan," ujar Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lapan Thomas Djamaluddin dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (20/10/2011).

Informasi masyarakat dan dari Kepala BMKG setempat yang disampaikan kepada Lapan, memang benar terdapat lubang dengan ukuran sekitar 2x3 meter. Kedalaman lubang tersebut diperkirakan 1 meter. Lubang itu berada di bibir pantai di kawasan Tanah Merah Kecamatan Nunukan. Warga menemukan lubang tersebut pada Rabu (19/10) dini hari.

"Kemungkinan besok kita akan kirim tim ke sana. Kita akan gali untuk mencari benda angkasa yang jatuh seperti apa. Kalau benda tidak temukan sulit memastikan benda luar angkasa apa yang telah jatuh," imbuh Djamaluddin.

Dia menambahkan, jika saat ini warga maupun aparat di tempat tersebut tidak menemukan adanya benda angkasa di sekitar lubang, ada kemungkinan benda angkasa itu terlempar ke tempat lain. Hal itu mungkin terjadi jika di tanah yang menjadi tempat tumbukan terdapat batu atau sesuatu yang keras.

"Soal informasi masyarakat kalau ada efek terbakar di sekitar lubang, kami harus melihatnya langsung. Sebab benda luar angkasa yang turun ke bumi itu sudah mengalami efek pendinginan. Jika di tanah ada bekas tumbukan, itu memang terjadi karena benda itu jatuh dengan kecepatan tinggi," terang alumnus Universitas Kyoto Jepang ini.

detikNews

Lapan Akan Selidiki Benda Luar Angkasa yang Jatuh di Nunukan, Meteor Jatuh di Nunukan, Benda Luar Angkasa Jatuh di Bibir Pantai Kawasan Tanah Merah, Kecamatan Nunukan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lapan Thomas Djamaluddin, Benda Aneh Jatuh dari Luar Angkasa


Category Article ,

What's on Your Mind...