Ukur Kesehatan Tubuh dari Warna Air Seni | Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

AIR SENI GAMBARKAN KESEHATANUkur Kesehatan Tubuh dari Warna Air Seni | Tips Menjaga Kesehatan Tubuh. WAJAH pucat menjadi tanda jelas bahwa tubuh Anda sedang tidak fit. Namun, pernahkah Anda turut memerhatikan warna air seni?
Bila Anda jeli, air seni tidak selalu sama; kadang sedikit, kadang pekat, kadang bening, dan sebagainya. Jadi, apa yang menyebabkan perubahan pada air seni dan apa yang coba disampaikan air seni tentang kesehatan Anda? Simak pemaparan Self, berikut ini:

Warna

Air seni atau urin bisa menjadi petunjuk umum tentang status kesehatan Anda, khususnya kondisi ketercukupan cairan tubuh. Air seni berwarna bening lebih baik daripada warna pekat.

Ketika urin berubah gelap (seperti warna teh), tandanya bisa berarti Anda mengalami dehidrasi atau ginjal Anda tidak bekerja dengan baik. Ginjal mengatur keseimbangan air dalam tubuh, karenanya penting untuk kita mempertahankan kecukupan air.

Bila urin berubah gelap, Anda harus menambah asupan air minum. Semakin sedikit air yang kita minum, semakin pekat urin. Idealnya, urin kita harus berwarna kuning terang.

Frekuensi dan kendali

Frekuensi buang air kecil bisa berarti beberapa hal. Ini bisa berarti infeksi saluran kemih, diabetes, terlalu banyak minum air putih, kafein, ataupun alkohol. Namun, juga bisa diakibatkan kehamilan (persalinan alami melemahkan otot-otot dasar panggul yang mengendalikan aliran urin).

Masalah yang umum dialami adalah "stres inkontinensia", yakni kehilangan kontrol terhadap kandung kemih ketika batuk, bersin, atau tertawa. Hal ini dapat terjadi sebagai akibat dari melemahnya otot dasar panggul.

Latihan kegel (gerakan menekan, tahan, dan lepaskan otot-otot panggul) membantu memperkuat otot-otot panggul sehingga kontrol terhadap kandung kemih menjadi lebih baik. Pilihan lain untuk meningkatkan kontrol kandung kemih meliputi pembedahan atau obat-obatan.

Bau

Bau urin Anda benar-benar bisa berubah tergantung pada makanan yang diasup, misalnya asparagus atau petai yang menyebabkan bau tidak biasa. Bau urin akan menjadi masalah bila Anda memiliki gejala lain, seperti frekuensi, rasa terbakar, dan nyeri.

Peringatan keras

Beberapa peringatan keras yang menunjukkan masalah lebih serius (seperti disfungsi ginjal atau penyakit kandung kemih) adalah darah dalam urin, urin selalu berwarna pekat, rasa sakit ketika berkemih, bau menyengat, dan buang air kecil berlebihan.

Pola hidup sehat secara umum

Pola hidup sehat secara umum akan meningkatkan kesehatan kandung kemih, termasuk makan buah-buahan dan sayuran, minum cukup air, berolahraga, dan menjaga berat badan. Saran klasik adalah minum delapan gelas air setiap hari. Jumlah yang lebih mungkin diperlukan dengan pertimbangan tingkat aktivitas dan berat badan.

Terpenting, pantau warna urin Anda, pastikan Anda tidak merasa haus (yang berarti Anda sudah mengalami dehidrasi), menjaga indeks massa tubuh tetap sehat, dan mempertahankan gaya hidup sehat.

okezone

Ukur Kesehatan Tubuh dari Warna Air Seni, Tips Menjaga Kesehatan Tubuh, Perubahan Air Seni, Urin Tunjukkan Status Kesehatan Tubuh, Warna Air Seni Tunjukkan Kesehatan Ginjal, Stres Inkontinensia, Bau Air Seni Tergantung dari Makanan yang Diasup, Penyakit yang Harus Diwaspadai, Tips Menjaga Kesehatan Kandung Kemih, Tips Menjaga Kesehatan Ginjal


Category Article , ,

What's on Your Mind...