Sudah 10 Wakil Menteri yang Ditunjuk Presiden SBY | Reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II

Sudah 10 Wakil Menteri yang Ditunjuk Presiden SBY | Reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II. Diawali dengan jogging dan bermain Pingpong di kediaman pribadinya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat (Jabar), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mulai melakukan salah satu bagian penting dari reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II. SBY memanggil para calon wakil menteri.

Dan, sejak Kamis (13/10/2011), lalu, itu, sejumlah calon wakil menteri telah dipanggil untuk mengikuti fit and proper test. Hingga sekarang ini, sudah 10 wakil menteri yang ditunjuk Presiden untuk berbagai kementerian. Dari seluruh personel baru KIB II itu, 8 di antaranya adalah orang-orang baru.

Penambahan wakil menteri ini benar-benar di luar perkiraan kalangan pengamat maupun masyarakat pada umumnya. Sebagian bahkan menyayangkan penunjukkan wakil menteri baru itu karena berbagai alasan.

"Ini karena Presiden tidak punya sikap tegas. Bukannya mengganti menteri yang tidak layak tetapi malah memberikan wakil menteri. Padahal masalahnya menterinya tidak cakap," ujar pengamat politik UI Andrinof Chaniago kepada detikcom, beberapa waktu lalu.

Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri pun urun rembuk. Menurutnya, wakil menteri hanya akan membuat birokrasi menjadi gemuk dan pada akhirya membebani APBN. "Kalau lihat wakil menteri sekarang, saya jadi bertanya: apakah semua tempat harus diisi seperti itu?" ucap Megawati.

Akan tetapi, istana berkilah. Penambahan wakil menteri dianggap sesuatu yang wajar, karena luasnya tanggungjawab yang diemban oleh kementerian. Kementerian Pendidikan Nasional, yang kini mempunyai 2 menteri, diambil sebagai contoh.

"Saya kira wajar Diknas itu mengelola anggaran yang begitu besar dan kemudian tugas sebagai besar dan kemudian yang satu konsen di pendidikan dan satu di kebudayaan," kata Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Julian Aldrin Pasha di Cikeas.

Berikut para calon wakil menteri yang ditunjuk Presiden SBY dalam 3 hari ini:

1. Dekan Fakultas Kedokteran UGM Prof Dr Ali Gufron Mukti sebagai Wakil Menteri Kesehatan
2. Dirjen Pemasaran Kemenbudpar Sapta Nirwandar sebagai Wakil Menteri Kebudayaan dan Pariwisata
3. Mantan Dubes Singapura Wardana sebagai Wakil Menteri Luar Negeri menggantikan Triono Wibowo
4. Musliar Kasim sebagai Wakil Menteri Pendidikan Nasional bidang Pendidikan
5. Sekretaris Menteri BUMN Mahmudin Yasin sebagai Wakil Menteri BUMN
6. Wakil Menteri Pertamian Bayu Krisna Murti sebagai Wakil Menteri Perdagangan
7. Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar sebagai Wakil Menteri Keuangan
8. Kepala BPS Rusman Heriawan sebagai Wakil Menteri Pertanian
9. Guru Besar Arsitektur FT UGM Wiendu Nuryanti sebagai Wamendiknas bidang Kebudayaan
10. Prof Eko Prasojo sebagai Wakil Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi

detikNews

Sudah 10 Wakil Menteri yang Ditunjuk Presiden SBY, Reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid II, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ada Penambahan wakil Menteri dalam Reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, Pengamat Politik UI Andrinof Chaniago, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Julian Aldrin Pasha, Daftar Nama Calon Wakil Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II


Category Article

What's on Your Mind...