2025, Jakarta Diterjang Gelombang Pasang? | Jakarta Bersiap Banjir Besar

2025, Jakarta Diterjang Gelombang Pasang? | Jakarta Bersiap Banjir Besar. Pemerintah DKI Jakarta memprediksi, pada 2025 ibukota bakal diterjang gelombang pasang dari Laut Jawa. Gelombang ini berpotensi menimbulkan banjir seperti yang pernah terjadi tahun 2007.
"Itu memang siklus 18 tahun sekali," kata Jan Sopaheluwakan, profesor peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Untuk mengantisipasi banjir itu, pemda berencana bakal membangun great sea wall yang dapat membentengi kota Jakarta.

Dikatakan Fharwo Handayani, Kepala Bappeda DKI, saat ini pemerintah masih mengkaji pembangunan tembok laut raksasa tersebut. "Kami belum tahu pasti kapan dibangun," katanya kepada wartawan, Kamis 6 Oktober 2011.

Untuk memperkaya bahan kajian pembangunan tembok laut, Indonesia bakal berpartisipasi sebagai tuan rumah dalam World Delta Summit 21 hingga 24 November mendatang. Forum ini memungkinkan Indonesia belajar dari 20 negara di dunia dalam mengelola kota yang terletak di muara sungai seperti Jakarta.

Kota di dunia yang juga terletak di daerah delta antara lain adalah New York, New Orleans, serta San Fransisco (Amerika Serikat), Rotterdam (Belanda), Ho Chi Minh (Vietnam), London (Inggris) dan St. Petersburg (Rusia). "Kita akan bertukar informasi dan pengalaman dengan mereka," kata Yani. Di Jakarta sendiri ada 13 delta sungai membuatnya butuh penanganan khusus.

Terkait pengelolaan kota Jakarta secara komprehensif, pemerintah terutama akan belajar dari Rotterdam. Ujar Yani, "Jakarta sudah pernah ada program sister city dengan Rotterdam." Selain itu, Negeri Kincir Angin adalah negara yang telah mengintegrasikan pengelolaan kota-kotanya dengan sumber daya air.

Khusus soal pembangunan tembok laut, St. Peterburg dipilih sebagai model acuan. "Di sana sudah berhasil dibangun tembok raksasa di tengah laut," ucap Yani. Rekomendasi-rekomendasi yang dihasilkan dalam forum tersebut akan dimasukkan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Jakarta melalui revisi.

Tempointeraktif

2025, Jakarta Diterjang Gelombang Pasang?, Jakarta Bersiap Banjir Besar, Jakarta Diterjang Gelombang Pasang dari Laut Jawa, Siklus 18 Tahun, Jan Sopaheluwakan, Profesor Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Pemda DKI Akan Membangun Great Sea Wall, Fharwo Handayani, Kepala Bappeda DKI, Indonesia Berpartisipasi Sebagai Tuan Rumah dalam World Delta Summit 21-24 November, Kota-kota di Dunia yang Terletak di Daerah delta Sungai, Program Sister City dengan Rotterdam, St. Peterburg Dipilih menjadi Model Acuan Pembangunan Tembok Laut, Rencana Tata Ruang Wilayah Jakarta


Category Article

What's on Your Mind...